STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN FLIP CHART TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA TENTANG KETERAMPILAN INJEKSI INTRAVENA

Erma Fauziandari

Sari


Kompetensi dasar yang harus dicapai oleh mahasiswa D III Kebidanan mencakup kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor. Salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh mahasiswa adalah keterampilan resusitasi bayi baru lahir. Untuk mencapai kompetensi tersebut maka dalam memberikan pembelajaran, dosen dapat menggunakan media pembelajaran yang mendukung dan disertai dengan minat belajar dari mahasiswa. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah media video dan media flipchart. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis efektivitas penggunaan media video dan media flipchart terhadap minat belajar mahasiswa.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen dengan tiga kelompok yaitu kelompok media video, kelompok media flipchart dan kelompok kontrol . Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester I Prodi Kebidanan Akes Karya Husada Yogyakarta sejumlah 33 mahasiswa. Teknik pengambilan sampling adalah sampling jenuh atau seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Data dianalis dengan menggunakan Anava 1 Jalur. Uji prasyarat menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dan uji Homogenitas Varians Populasi.

Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa : (1). Ho diterima karena  nilai signifikasi 0.302 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa “Tidak terdapat perbedaan efektivitas penggunaan media video dan media flipchart terhadap minat belajar mahasiswa”,

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa untuk meningkatkan minat belajar yang baik tidak hanya dipengaruhi oleh penggunaan media pembelajaran yang mendukung dan minat belajar akan tetapi mungkin juga dipengaruhi oleh faktor yang lain seperti faktor motivasi, faktor bakat, faktor intelegensi dan faktor kesehatan.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN Cetak 9772337649009  

2016 © Akes Karya Husada Yogyakarta

All right reserved. Use of this website signifies your agreement to the Terms of Use.

Powered by Open Journal System

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Flag Counter