STUDI KOMPARASI MEDIA VIDEO DAN FLIPCHART TERHADAP PENNGUASAAN KOMPETENSI MEMANDIKAN PASIEN PADA MAHASISWA SEMESTER I AKES KARYA HUSADA

Benny Karuniawati

Sari


Latar Belakang: Media pembelajaran dapat mempertinggi proses pembelajaran siswa dalam pengajaran yang pada akhirnya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya. Ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran audiovisual tentunya lebih besar daripada media proyeksi, karena media pembelajaran audiovisual dapat menyajikan gambar yang bergerak disertai dengan suara, sedangkan media proyeksi hanya mampu menyajikan slide yang merupakan gambar tidak bergerak dan tidak bersuara. Penelitian ini secara teoritis diharapkan kehadiran media pembelajaran yang dalam penelitian ini berbentuk video dan flipchart pembelajaran tentang memandikan pasien akan berbeda secara signifikan terhadap penguasaan kompetensi mahasiswa.

Metodologi Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan rancangan  post test only non equivalent control group.  Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Untuk pengujian hipotesis yang telah diajukan, dilakukan dengan analisa data ANOVA One Way yang terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan.

 

Hasil dan Kesimpulan: ada perbedaan rerata pada kelompok yang menggunakan media pembelajaran video dan flipchart terhadap Penguasaan Kompetensi Memandikan Pasien yang bermakna secara statistik (signifikan 0,004).


Kata Kunci


Media video dan flipcharty, kompetensi, Memandikan pasien

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akademi Kesehatan Karya Husada Yogayakarta. 2012. Buku Kerangka Acuan Ujian Laboraturium.Yogyakarta

Anitah. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, A. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Gravindo Persada

Dharma, K. 2011. Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta: Trans Info Media

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Endah. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Minat Terhadap Ketrampilan Psikomotorik Dalam Pembelajaran Senam Nifas Pada Mahasiswa Kebidanan: Universitas Negeri Sebelas Maret: 2012

Halis, F. 2006. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Perolehan Belajar.Abstrak. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang

Heinich, R, Molenda, M dan Russel, J.D Smaldino. 2005. Instructional Media and The New Technologies for Learning. Englewood Cliffs. New Jersey:Precentice Hall

http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2012/06/27/media-pembelajaran

IBI. 2004. Standar Pelayanan Kebidanan. PP IBI: Jakarta ----. 1997. Standar Pelayanan Kebidanan. PP IBI : Jakarta

Keputusan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 045/U/2002 Tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.

Keputusan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa

Mulyanta, S dan Leong, M. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya

Nursalam dan Efendi, F. 2009. Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Pagano, M dan Gauvreau, K. 1993. Principles of Biostatistics. California: Duxbury Press

Pusdiknakes WHO-JHPIEGO. 2003. Asuhan Kebidanan Ibu hamil. Pusdiknakes: Jakarta

Saryono. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Mitra Cendekia

Sugiyono. 2006. Statistik Untuk Peneliti. Jakarta: Alfabeta

Sujana, N dan Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Spencer, LM dan Spencer, SM. 2008. Competence At Work Models For Superior Performance. United States Of America: Wiley india Pvt Ltd

Sardiman, AM. 2010 .Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Cetakan kedua belas.Bandung:Tarsito

Yuni, A. 2009. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video dan Gaya Belajar Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Memasang Infus Pada Mahasiswa S1 keperawatan STKES Kendedes Malang.Solo: Universitas Negeri Sebelas Maret


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


ISSN Cetak 9772337649009  

2016 © Akes Karya Husada Yogyakarta

All right reserved. Use of this website signifies your agreement to the Terms of Use.

Powered by Open Journal System

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Flag Counter